APA KHABAR KAHIRI???MASIH DENGAN EKUITI



KUALA LUMPUR 22 Okt. – UMNO hari ini mengusulkan penubuhan Majlis Tertinggi Agenda Bumiputera (MTAB) yang berperanan sebagai badan pemantau dan penyelaras agenda golongan itu.... Berita Penuh

AGM Umno dakwa bukan Melayu BN tidak ikhlas bantu Melayu



Kita boleh berhenti bertanya target ekuiti Bumiputera, seperti apa yang Anda minta kita lakukan. Tapi bagaimana kita akan memastikan bahwa kami mencapai target 30% kecuali jika Anda dapat menemukan cara untuk menghentikan orang Melayu dari menjual apa pemerintah memberi mereka dan kemudian diam-diam mentransfer wang ke luar negeri untuk membeli properti atau untuk menyimpan di rekening bank asing?

TERJEMAHAN WRLR



NO HOLDS BARRED

Raja Petra Kamarudin

Apa Khabar Khairi,

Bagaimana kabarmu? Sudah lama sejak terakhir kali kami bertemu dan berbagi cerut. Saya tidak tahu apakah Anda pernah bisa sampai ke bagian dunia, tetapi dalam acara yang anda lakukan silahkan lihat saya dan mungkin kita biAsa menembak angin dan minum atau sesuatu seperti itu.Merokok cerutu cukup sulit di sini kecuali Anda melakukannya di luar karena Inggris tidak lagi memungkinkan merokok di dalam pub atau bar. Namun, kecuali kita melakukan itu di musim panas kita akan menemukan bahawa ianya sangat tidak nyaman.

Lagi pula, apa yang saya ingin berbicara kepada Anda tentang komentar Anda kemarin bahawa tidak ada yang harus pertanyaan target ekuitas Bumiputera. Sungguh aneh bahwa Anda harus mengatakan ini karena kembali pada tahun 1976 kita juga mengatakan hal yang sama. Oh, dan tidak pada tahun1976 yang sama Anda dilahirkan? Itu berarti ketika Anda pertama kali muncul dari rahim ibumu dan pertama kali melihat cahaya hari sebagai bayi yang baru lahir memekik kami berkata apa, hari ini, Anda katakan: jangan ditanya target ekuiti Bumiputera.

Saya sudah 26 tahun dan anggota dari Kalangan Dagang Melayu. Kemudian, saya pergi untuk menjadi salah satu anggota pusat Kamar's komite.Jadi, kembali ketika Anda pertama kali muncul ke dunia ini , kita sudah berjuang untuk apa saja hari ini Anda berjuang untuk target ekuiti bumiputera.

Sejujurnya, bagaimanapun, kami tidak mempertanyakan target ekuitas Bumiputera. Anda bolah dapat, pada kenyataannya, menemukan banyak Kertas kerja jangka pendek saya (kertas kerja) di perpustakaan Kamar Melayu dan arsip, kecuali ianya semua telah dibuang. Beberapa dari Kertas kerja jangka pendek juga dikompilasi dan diterbitkan menjadi buku. Ya, saat Anda masih berada di pupuk dan menjadi ASI (atau mungkin botol susu) oleh ibu Anda, kami sudah retak kepala , memikirkan tentang bagaimana membantu orang Melayu.

Sekarang, ketika saya mengatakan kita lakukan pertanyaan target ekuitas Bumiputera, kami tidak mempertanyakan hal itu dari sudut pandang apakah harus dipertahankan atau dihapus Tidak, ini akan menjadi tindakan berbahaya karena kaum Melayu memerlukan bantuan kita dan bahkan Cina dan India setuju begitu.


"Kenapa 30%?" Tanya kami. Dan saya mengingatkan Anda yang kami ajukan pertanyaan ini sejak waktu kau lahir.

"Siapa yang menetapkan angka di 30%?" Kami ingin tahu - meskipun kami menduga ayah mertua, Tun Abdullah Ahmad Badawi, baik mungkin tahu jawabannya atau memiliki tangan di dalamnya, melihat bahwa ia adalah Sekretaris NOC pada waktu itu (jadi mungkin waktu berikutnya Anda memiliki keluarga duduk anda dapat mengajukan pertanyaan ini dan melihat apa yang dia katakan).

Sejak Bumiputeras mewakili 60% dari penduduk negara itu mengapa tidak target ekuitas akan tetap sebesar 60% bukan 30%" berpendapat kami - dan tidak ada yang bisa menerangi kita dan memberitahu kami mengapa.


Akhirnya, mereka mengakui bahwa 30% tampak sesuatu angka yang baik dan semacam dipetik dari puncak kepala. Jika itu telah hanya 10% maka Melayu akan mengeluh bahwa terlalu rendah sedangkan jika sudah 60% maka non-Melayu akan mengeluh terlalu tinggi. Jadi, 30% tampak sosok yang baik dan kompromi, yang baik Melayu dan non-Melayu tidak mungkin bertengkar mengenainya.


Dengan kata lain, kami diberitahu bahwa tidak ada formula. Tidak ada yang duduk untuk bekerja di luar aritmatika dan hasil akhir dari perhitungan atau formula yang mengungkapkan bahwa 30% harus target itu.Itu hanya seorang tokoh yang bergabung dengan beberapa pemikiran akan diterima oleh semua pihak tanpa bertengkar.

"Tapi adalah 30% dicapai?" Kami bertanya. Nah, begitu jawabannya, itu hanya target. Hal ini bukanya undang-undang yang harus dilaksanakan. Ini hanyalah sebuah aspirasi (Hasrat) Kami akan mencoba untuk bekerja menuju angka itu, tetapi apakah kita mencapai 30% atau tidak adalah tidak sepenting kita memiliki target untuk menuju sehingga kita tahu kemana harus melangkah.

Cukup adil. Kita boleh menerima itu. Jadi tidak benar-benar ada dasar untuk itu menjadikan ianya mencapai 30%. Ini hanya bahwa 10% atau 60% mungkin kesal satu kelompok atau yang lain dan bahwa 30% adalah tengah-of-jalan-atau kompromi bahwa kedua belah pihak bisa setuju dengan tanpa pertengkaran. Dan sementara tidak ada rumus untuk itu menjadi 30% atau menjamin apapun yang kita dapat memenuhi 30% paling tidak memungkinkan kita target tujuan yang hendak dicapai. Dan 30% adalah sebagai baik sebagai tokoh apapun tujuan yang hendak dicapai.

Sepuluh tahun berlalu. Dan pada tahun 1986 - yang pada saat itu Anda sepuluh tahun dan mungkin dalam tahun 4 - kami lagi duduk untuk meninjau pencapaian (pancapaian) dari 30% dan menemukan bahwa target 30% belum terpenuhi. Kami diberitahu oleh Wakil Perdana Menteri yang pancapaian itu hanya 19% atau lebih.


Hal ini membuat kami merasa bimbang.Kami ingat Perdana Menteri baru, Tun Dr Mahathir Mohamad (kemudian Datuk Seri), memperingatkan kita hanya empat tahun atau lebih sebelumnya bahwa NEP tidak akan berlangsung selamanya dan bahwa dengan 1990, NEP akan berakhir."Kami berjanji kepada kaum Cina dan India bahwa NEP akan berakhir pada tahun 1990," kata Dr Mahathir. "Jadi kita harus memenuhi janji kita dan mengakhirinya pada tahun 1990. Jadi sebaiknya Melayu telah siap untuk berdiri di atas kaki sendiri tanpa perlindungan pemerintah.

Saya harus mengakui bahwa saya juga panik. Kami menyerukan pertemuan semua pengusaha Melayu untuk membahas masalah ini. 1990 adalah tidak terlalu jauh. Jika pancapaian hanya 19% dan jika NEP akan berakhir pada tahun 1990, apa yang orang Melayu akan lakukan?


Seperti yang saya katakan, kau, Khairy itu masih hanya di sekolah rendah. Pada usia yang mungkin Anda tidak khawatir tentang semua ini dan sudah pasti tidak akan panik seperti yang kami lakukan.


Kami memutuskan untuk mengadakan seminar dua hari di Hotel Shangrila di Kuala Lumpur di mana kami mengundang kedua Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri untuk hadir. Kami meengkritik UMNO dan pemerintah. Kami mengkritik apa yang kita disebut Umnoputeras (UMNO orang-orang yang membunuh Bumiputeras lainnya). Kami mengkritik lembaga kepercayaan (seperti Pernas, SEDC, dll) yang bersaing dengan peniaga Bumiputera dengan menggunakan taktik yang tidak adil dan kotor, dan banyak lagi.

Aku bahkan mengkritik Bank Bumiputera Malaysia Berhad (BBMB) dalam kertas kerja saya dan disebut BBMB 'Bank Buat Melayu Bangkrut'. Basir begitu marah dan dia membatalkan RM5.7 juta kemudahan perbankan saya dan memberiku 14 hari tempoh untuk membayar kembali seluruh pinjaman saya secara penuh - ditambah saya disenaraihitam oleh Menteri Kewangan dan dilarang mendapatkan kontrak pemerintah lebih lanjut (Anda dapat berbicara untuk Idris Tulis tentang hal ini karena dia dan Izat Emir, dll, adalah dua dari banyak korban BBMB).


Tapi tidak banyak yang terjadi setelah itu karena seluruh dunia berada dalam resesi dan pemerintah tidak bisa membantu dirinya sendiri, apalagi membantu Bumiputeras. Pada kenyataannya, bahkan beberapa peniaga Cina dan beberapa yang lain menderita seperti Tan Koon Swan yang terpaksa ke penjara.

Hal ini membawa kami ke 1990 ketika NEP seharusnya resmi berakhir. Kami merasa cita-cita kami hancur. Angka 19% tahun 1986 masih 19% pada tahun 1990. Hal ini terutama karena resesi(kejatuhan ekonomi) panjang pertengahan tahun 1980-an. Jadi semuanya mengalami stagnasi. Apa yang kita lakukan?


Kami kemudian memutuskan untuk mengadakan Kongres Ekonomi Bumiputera Ketiga dan pada saat yang sama mengundang para pemimpin pemerintah untuk kongres ini sehingga para pemimpin dan kita bersama dapat merenungkan hal ini dan mempertimbangkan bagaimana kita bersama-sama boleh memecahkan masalah orang Melayu. Tentu saja, Perdana Menteri, Wakil Perdana Menteri dan Kabinet seluruh akan diundang.

Kami kemudian dipanggil oleh Ahmad Sarji Abdul Hamid, KSN, untuk menghadiri pertemuan di pejabatnya, yang kita lakukan. Ahmad Sarji mengatakan kepada kami bahwa Dr Mahathir telah setuju untuk menghadiri kongres, tetapi ia menegaskan bahwa pemerintah mengambil alih penyelenggaraan kongres, bukan menghadiri sebagai tamu belaka. Selanjutnya, kami diberitahu, Dr Mahathir ingin mengundang bukan-Melayu untuk menghadiri kongres.

Kita protes. Bagaimana bukan -Melayu akan diundang ke kongres Melayu? Mungkin ada beberapa hal yang sangat buruk untuk di perdebatkan kan selama kongres berjalan dan apa yang akan bukan-Melayu merasa jika mereka yang hadir dan mendengar semua ini?

Sudahlah,itu tidak menjadi hal Ahmad Sarji kata. Ini baik bahwa bukan -Melayu hadir sehingga mereka boleh mendengar apa yang kita katakan. Ini akan memberikan mereka gambaran bagaimana orang Melayu rasakan. Ini juga akan memungkinkan non-Melayu untuk berpartisipasi dalam perdebatan sehingga mereka juga dapat menyarankan cara untuk membantu pemerintah dalam mengatasi masalah Melayu. Bagaimanapun, kata Ahmad Sarji, Perdana Menteri telah dibuat pikirannya dan hal ini tidak terbuka untuk perundingan.

Mahu atau tidak, kami harus setuju karena, seperti yang Anda tahu, setelah Dr Mahathir telah dibuat pikirannya tidak ada jalan untuk kembali. Dan kongres diadakan dengan partisipasi dari bukan-Melayu dan dengan pemerintah sebagai co-penyelenggara.

Kami menayangkan tentang pencapaian 19% dari Bumiputeras dan bagaimana, sekarang bahwa NEP telah berakhir, kita tidak akan pernah melihatnya menyentuh 30%. Menteri Perdagangan, Rafidah Aziz, dan Menteri Keuangan, Anwar Ibrahim, bahkan berpendapat di atas panggung di depan seluruh penonton. Ini sebenarnya cukup memalukan untuk melihat dua menteri senior bertengkar di atas panggung di depan kita semua yang duduk di sana dan tercengang.

"Masalah dengan Melayu adalah bahwa mereka dayamaju (layak) tetapi tidak dayatahan (tahan)," kata Rafidah kepada kami. "Anda tidak boleh menyalahkan pemerintah jika pancapaian hanya 19% dan tidak 30%," teriak Rafidah. "Ini adalah kesalahan dari Melayu dan bukan pemerintah," kata Rafidah.

Rafidah kemudian menjelaskan bahwa pemerintah telah memberikan banyak saham Melayu, permit, kuota, kontrak, dll Masalahnya adalah, sekali saham naik, orang Melayu menjualnya. Jika Melayu telah ditahan atau menyimpan semua saham yang diberi pemerintah kepada mereka, maka itu akan menjadi 30% bukan 19%. Pada kenyataannya, bahkan mungkin lebih dari 30%.

Kami tidak punya pilihan selain mengakui kekalahan. Rafidah benar. Bahkan, saya juga bersalah atas apa yang dikatakan Rafidah Melayu biasanya kita lakukan. Jadi bagaimana mungkin kita bersengketa apa katanya? Banyak kaum Melayu menjual saham yang diberi pemerintah kepada mereka dan dalam diam-diam memindah wang ke luar negeri untuk membeli properti di seluruh dunia.


Jika Anda memasukkan semua properti di luar negeri dan kas di bank asing yang orang Melayu sendiri, dan jika Anda menambahkan ini ke kepemilikan ekuitas, maka kita mungkin bisa melihat menyentuh angka lebih dari 30%. Tetapi kemudian jika Anda mengabaikan aset luar negeri dan kas Melayu dan hanya melihat saham mereka di perusahaan Malaysia, maka akan muncul seperti Melayu sendiri hanya 19% bukan 30%, atau mungkin lebih.

Hampir tidak ada sukses atau elite Melayu yang tidak memiliki harta atau wang tunai di luar Malaysia. Dan sebagian besar ini tidak dilaporkan. Jadi tidak mencerminkan ekuiti di tahap 19% Jika hal itu maka tidak akan 19% tetapi banyak lagi. Bahkan mungkin lebih dari 30%.

Menyadari bahwa kebanyakan dari kita bersalah karena melakukan apa yang Rafidah mengatakan kami lakukan, kami memutuskan untuk membiarkan hasilnya begitu. Satu-satunya cara untuk menentukan apakah kekayaan Bumiputera benar-benar 19%, atau 30%, atau mungkin bahkan 40%, kita perlu melaporkan semua aset tersembunyi kami di luar negeri, yang tak seorang pun bersedia untuk melakukan.

Tentu saja, ada satu cara kita boleh mengatasi ini. Dan ini akan setiap kali saham dikeluarkan untuk Melayu Anda stempel itu tidak dapat dialihkan tanpa izin pemerintah. Dan bahkan kemudian jika izin diberikan, saham hanya dapat dijual ke Melayu dan bukan untuk non-Melayu.(SIAPA YANG MENDAPAT SAHAM INI?ADAKAH MAKCIK DAN PAKCIK KAMPUNG?)

Dengan kata lain, saham tersebut akan menjadi saham reservasi Melayu 'sama seperti kita bagaimana' tanah reservasi Melayu 'miliki. Oleh karena itu, seperti dalam UNDANG-UNDANG tanah reserve Melayu, saham yang dialokasikan untuk Melayu hanya dapat dijual ke Melayu dan tidak ada orang lain.

Tapi kemudian Melayu tidak menginginkan ini. tanah reservasi Melayu sangat jauh lebih rendah dibandingkan dengan nilai tanah freehold karena hanya dapat membeli tanah Melayu adalah bangsa Melayu. Jika tanah tersebut dapat dijual ke bukan -Melayu maka nilai tanah sangat jauh lebih tinggi. Dan ini akan sama untuk 'saham reservasi Melayu' yang hanya dapat dijual ke Melayu dan bukan untuk non-Melayu.

Ada juga akan menjadi masalah pencatatan bursa. Akan ada dua set saham dikutip di bursa saham. Saham 'freehold' akan dikutip pada satu harga, yang akan lebih tinggi, dan saham 'reservasi Melayu' akan dikutip pada harga lain, yang lebih rendah.

Sekarang, apa yang terjadi ketika saham RM1.00, yang merupakan 'freehold', dikutip pada harga RM10.00 per saham di bursa saham, sedangkan saham 'reservasi Melayu' yang dikutip di hanya pada harga RM0.80? Bangsa Cina akan membuat jutaan sedangkan Melayu akan kehilangan celana mereka. Aku, misalnya, tidak akan pernah membeli saham 'reservasi Melayu' melainkan akan membeli saham yang dapat dijual bebas di pasaran dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Yang penting, bagaimanapun, adalah bahwa sekali saham yang dikeluarkan untuk Melayu mereka adalah 'beku' dan tidak bisa dijual kecuali ke Melayu. Hal ini akan memastikan bahwa target 30% dapat tercapai dan Melayu selamanya akan memiliki saham tersebut. Tetapi saham tidak akan bernilai lebih dari harga penerbitan dan kadang-kadang bahkan mungkin kurang dari harga penerbitan. Tetapi jika target 30% adalah masalah utama maka ini akan mengatasi masalah walaupun dalam hal kekayaan sebenarnya tidak akan ada banyak berteriak tentang hal ekuiti.


Jadi Anda lihat, wahai Khairy, di sekitar saat Anda lahir kita sudah membahas masalah ini panjang lebar. Dan otak terbaik di Malaysia pada waktu itu tidak dapat menemukan solusi. Kita boleh berhenti bertanya target ekuitas Bumiputera, seperti apa yang Anda minta kita lakukan. Tapi bagaimana kita akan memastikan bahwa kami mencapai target 30% kecuali jika Anda dapat menemukan cara untuk menghentikan orang Melayu dari menjual apa pemerintah memberi mereka dan kemudian diam-diam mentransfer wang ke luar negeri untuk membeli properti atau untuk menyimpan di rekening bank asing?

Dan tolong jangan bilang ini tidak terjadi. Hal ini nyata .Bahkan, keluarga Anda sendiri melakukannya juga - seperti yang dilakukan banyak teman-teman Melayu saya, sebagian besar Anda juga secara pribadi tahu.


Wahai Khairy, izinkan saya meyakinkan Anda bahwa saya akan mendukung langkah apapun dari Anda untuk mengatasi masalah Melayu. Namun, sebagaimana kita bahas kembali pada tahun 1976 ketika Anda pertama kali lahir, kita perlu mencari solusi tentang cara untuk memperbesar kek sehingga ada lebih untuk pergi berkeliling dan bukan pada bagaimana mencuri kek orang lain. Dan kita juga perlu untuk memecahkan masalah bagaimana Melayu dapat menjaga kek ekonomi dan tidak memakannya karena setelah Anda makan kek itu akan hilang. Anda hanya tidak bisa makan kue Anda dan memilikinya juga.(BAGI MAKCIK DAN PAKCIK, BUKAN KEK YANG JUAL DI KEDAI,KEK EKONOMI ADALAH SAHAM/HASIL EKONOMI)

Saya percaya Anda lulusan Oxford dan pendidikan anda tidak akan sia-sia dan Anda dapat menggunakan kebijaksanaan Anda setelah mendapatkan di Oxford untuk mencari solusi untuk masalah yang banyak dari otak terbaik di Malaysia tidak dapat memecahkan sejak hari kau dilahirkan kembali 1976.

Hormat kami,

Raja Petra Kamarudin Raja Petra Kamarudin

PS. Saya memiliki beberapa cerutu/cerut Kuba di saham dan akan menunggu untuk bertemu dengan Anda di London sebelum aku merokok.

Translated into Chinese at: http://ccliew.blogspot.com/2010/10/blog-post_18.html Diterjemahkan ke dalam bahasa Cina di: http://ccliew.blogspot.com/2010/10/blog-post_18.html


TERJEMAHAN INI WALAU TIDAK BEGITU BAIK, NAMUN LULUSAN SPM DAPAT MEMAHAMINYA.TERUTAMANYA AHLI UMNO.


No comments: